Danramil 419-05/Geragai Ikuti Sosialisasi Tingkat Desa/Kelurahan Eastern Jabung tentang Survei Seismik 3D dan 2D Musyawarah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanjung Jabung Barat: Membangun Kemanusiaan Bersama Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Hadiri Halal Bihalal di Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjab Barat Danramil Turut Serta Dalam Sosialisasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Masyarakat Desa Pandan Makmur Danramil 419-04/Nipah Panjang Laksanakan Pertemuan dengan Pok Tani Sumber Makmur Desa Rantau Rasau

Home / Artikel / BERITA / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Kamis, 4 Januari 2024 - 13:43 WIB

Dampak Luapan Air Pasang di Kecamatan Berbak: Babinsa Pantau dan Berkoordinasi

Kuala tungkal, kodimtanjab.com – Luapan air pasang akibat tingginya curah hujan mengundang perhatian Babinsa 419-04/Nipah Panjang yang melaksanakan pengecekan di sejumlah wilayah terdampak di Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kamis (4/1/24)

Luapan air pasang ini memberikan dampak pada beberapa wilayah, antara lain Kelurahan Simpang, Desa Rawasari, Desa Telago Limo, Desa Rantau Makmur, Desa Sungai Rambut, dan Desa Rantau Rasau. Untuk menangani situasi ini, sejumlah personel terlibat dalam pengecekan, termasuk Babinsa (2 orang), BPBD (1 orang), Lurah (1 orang), dan Destana (1 orang).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan melibatkan pengecekan debit air, monitoring perkembangan luapan air pasang surut, dan koordinasi dengan aparat desa serta BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

BACA JUGA  Dampingi Penjemuran Padi Milik Warga Binaan.

Hasil pengecekan menyebutkan ketinggian air saat pasang berkisar antara 30 hingga 40 cm yang menggenangi halaman rumah warga. Air pasang cenderung naik pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB dan surut pada pukul 15.00 WIB. Keadaan ini disebabkan oleh luapan Sungai Batanghari dan curah hujan tinggi, juga dipengaruhi oleh dorongan air pasang laut yang masuk ke sungai tersebut.

Berita baiknya, belum ada pemukiman warga yang terendam dampak dari banjir. Warga di pinggiran Sungai Batanghari terbiasa dengan kondisi pasang surut air sungai ini, dan kegiatan sehari-hari tetap berlangsung seperti biasa.

BACA JUGA  Batiintel/opsbungdim Hadiri Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Intergritas WBK menuju WBMM.

Tujuan dari pengecekan lokasi ini adalah untuk mengetahui batas ketinggian saat air pasang guna antisipasi bencana banjir, memberikan himbauan kepada warga agar tetap waspada, dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanggulangan banjir. Selama kegiatan, semua berlangsung aman dan lancar. Babinsa dan pihak terkait terus mengawasi perkembangan situasi guna memastikan keamanan dan kenyamanan warga terjaga. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Dandim Tanjab Hadiri Peresmian Kampung Ampuh di Desa Pematang Buluh.

BERITA

Babinsa Desa Teluk Ketapang Bantu Warga Binaan Menjemur Padi.

BERITA

Mostbet, Azərbaycanda Ən Yaxşı Onlayn Kazinolardan Bir

BERITA

Danramil 419-01/Muara Sabak Beri Bantuan Sembako Ke Korban Kebakaran

BERITA

Waspada Penyebaran Covid – 19, Dandim Tanjab Berharap Masyarakat Dapat Mengerti Betapa Pentingnya Menjaga Kesehatan

BERITA

Melalui Komsos, Babinsa Himbau Masyarakat Agar Tetap Menerapkan Prokes

Berita Koramil

Terus Jalin Sinergitas Cegah Covid-19, Babinsa Suka Damai Komsos Dengan Perangkat Desa.

BERITA

Sertu Saharudin Dampingi Petani Mengecek Tanaman Jagung.