Babinsa Mendampingi Warga Binaan Meninjau Tanaman Padi Dandim 0419/Tanjab Hadiri Pelepasan Pawai Budaya Dandim 0419/Tanjab Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia Dandim 0419/Tanjab Pimpin Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Di TMP Yudha Satria Pengabuan Babinsa Dampingi Poktan Lakukan Penggilingan Padi

Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Rabu, 23 Oktober 2019 - 14:03 WIB

Plt. Danramil 04/Nipah Panjang Ikuti Acara Festival Adat Kab. Tanjab Timur “Mandi Syafar”.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf M. Ary Yudistira, S.I.P., M.I.Pol yang diwakili Plt. Danramil 04/Nipah Panjang Kapten Inf Riyakudu, Amd menghadiri Acara Festival Adat Mandi Syafar bertempat di Pantai Babussalam, Desa Air Hitam Laut Kec. Sadu Kab. Tanjab Timur, Rabu (23/10/19).

Acara Mandi Safar ini dipimpin oleh Tokoh Adat Bugis, H. As’ad Arsyad, S.Ag dan dihadiri oleh Wakil Bupati H. Robby Nahliyansyah, Kapolres Tanjab Timur AKBP Agus Desri Sandi, S.IK., MM., Anggota DPRD Tanjab Timur Nugraha Setiawan, Ketua Pengadilan Agama Tanjab Timur, para Asisten dan Kepala OPD serta warga masyarakat ± 2000 orang.

BACA JUGA  Babinsa 04/Nipah Panjang Turun Ke Lahan Bersama Petani Melakukan Pengecekan Tanaman Jagung.

Acara Mandi Safar ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Helmi Abas, tokoh agama Air Hitam Laut.

Wakil Bupati Tanjab Timur, H. Robby Nahliyansyah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI-Polri yang telah sempat melakukan pengamanan acara mandi safar ini ditengah-tengah tugas yang berjibaku memadamkan Karhutla di wilayah Kecamatan Sadu.

Wabup mengatakan bahwa kedepannya nanti acara mandi safar ini akan diganti namanya menjadi Festival Air Hitam Laut, karena nama Festival Mandi Safar sudah banyak digunakan oleh daerah-daerah lainnya.

BACA JUGA  Babinsa Ramil 04/NP Rutin Bantu Petani Bertani.

Sementara itu tokoh adat yang juga merupakan Ketua MUI Tanjab Timur H. As’ad Arayad, S.Ag mengucapkan rasa terima kasih kepada forkopimda dan seluruh warga yang telah menyempatkan diri untuk menghadiri acara mandi safar ini.

Dikatakannya bahwa event mandi safar ini merupakan tradisi adat mandi bersama di tepi laut pantai Babussalam yang memiliki tujuan untuk meminta kepada sang Kuasa agar terhindar dari bahaya bala bahaya dan bencana. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Setiap Senin, Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Menjadi Irup di Sekolah-Sekolah.

Berita Koramil

Komandan Koramil Nipah Panjang Hadiri Acara Peresmian Dan Launching Pos Samsat Rantau Rasau.

Berita Koramil

Danramil 01/Muara Sabak Bbeserta Anggota Ikuti Jalan Santai dan Senam Sehat Bersama.

BERITA

Babinsa Bantu Poktani Menanam Padi.

Berita Koramil

Babinsa Serda Ambri Ramil 04/Nipah Panjang Cek Kondisi Alsintan Poktan.

Berita Koramil

Babinsa 03/Tungkal Ilir Hadiri Musrenbang Desa Muntialo.

Berita Koramil

Babinsa Simpang Jelita Ajak Warga Patroli Pemantauan Karhutla di Wilayah Binaan.

Berita Koramil

Babinsa 04/Nipah Panjang Bersama Petani Cek Jagung Dengan Jenis Bibit Bisi 2.