Babinsa Desa Pinang Gading Hadiri Musyawarah Desa. Babinsa Rantau Makmur Dampingi Petani Pantau Pertumbuhan Tanaman Padi. Manfaatkan Warung, Babinsa Rantau Badak Lamo Komsos Dengan Warga Binaan. Babinsa Dusun Kebun Dampingi Petani Menjemur Padi. Babinsa Muara Danau Komsos Dengan Warga Binaan.

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Rabu, 28 Agustus 2019 - 07:47 WIB

Serda Hendra Fetriadi Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Bantu Petani Membajak Lahan Sawah Gunakan Hand Traktor.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Para petani di Desa Muara Danau mulai membajak sawah mereka pasca panen beberapa waktu yang lalu guna persiapan masa tanam.

Dengan didampingi Serda Hendra Fetriadi, Babinsa Koramil 02/Tungkal Ulu, Bapak Joko mulai membajak lahan sawahnya dengan menggunakan hand traktor di persawahan Desa Muara Danau, Kec. Renah Mendaluh, Kab. Tanjab Barat, Rabu (28/08/19).

Pengolahan lahan sawah dengan metode menggunakan mesin traktor ini adalah cara pengolahan lahan yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami padi.

BACA JUGA  Waspada karhutla, Dandim 0419/Tanjab ingatkan masyarakat untuk tidak bakar lahan

Babinsa Serda Hendra Fetriadi, saat ditemui mengatakan, penggunaan hand traktor ini bukanlah hal yang baru bagi petani. “Hand traktor sendiri digunakan oleh para petani untuk mengubah sifat fisik tanah yang semula keras akan menjadi datar dan melumpur,” katanya.

Selain itu, keuntungan lain yang didapat selama pengolahan lahan menggunakan hand traktor adalah gulma yang tumbuh akan mati dan membusuk di dalam tanah sehingga dapat menjadi humus yang sangat berguna bagi tanaman padi.

BACA JUGA  Babinsa Tanjung Bojo Bantu Petani Dalam Mengolah Lahan Sawah.

“Pengolahan lahan dengan menggunakan hand traktor ini diharapkan akan mempermudah para petani dalam merawat dan memperbaharui sifat tanah dan lumpur saat padi siap untuk ditanam,” tutur Serda Hendra Fetriadi.

Ditambahkannya juga bahwa pembenahan galangan dan pematang sawah perlu diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-04/NP dalam rangka Upsus Pajale.

Berita Koramil

Babinsa Adi Saputra Bersama PPL Cek Pertumbuhan Padi.

Berita Koramil

Dengan Komsos TNI Kodim Tanjab Pererat Hubungan Dengan Perangkat Desa.

Berita Koramil

Dampingi petani, Babinsa Bangkitkan Semangat Bertani.

Berita Koramil

Danramil Tungkal Ilir Kapten Inf Rohandy Dampingi Bupati Tanjab Barat Lepas Lomba Lintas Alam Demi Promosikan Wisata Magrove Pangkal Babu.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Gelar Karya Bakti Jum’at Bersih.

Berita Koramil

Menuju New Normal, Koramil 02/Tungkal Ulu Bersama Polsek Lakukan Patroli Berikan Himbauan ke Masyarakat.

Berita Koramil

Serda Ambri Sebagai Pendamping Pertanian TNI AD Sambangi Poktan Yang Meminjam Alsintan Demi Cek Kondisi Alat.