Danramil 419-05/Geragai Turut Pimpim Sosialisasi Seismic Survey 3D dan 2D Di Aula Kantor Desa Pandan Makmur Danramil 419-02/Tungkal Ulu Turut Meriahkan perpisahan Keluarga Besar SMK N 4 Tanjab Barat Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur

Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Sabtu, 23 November 2019 - 14:29 WIB

Babinsa Koptu Noviandi Bersama Petani Cek Bibit Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Guna mensukseskan program swasembada pangan nasional, Kodim 0419/Tanjab melalui Babinsa turun langsung ke sawah melakukan pendampingan pertanian di kelompok tani yang ada di wilayah binaan.

Hal tersebut terlihat dari yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Koptu Noviandi yang nampak melakukan kegiatan pendampingan di kelompok tani Karya Mandiri Kelurahan Nipah Panjang 2, Kec. Nipah Panjang, Kab. Tanjab Timur, Sabtu (23/11/19).

Dalam kegiatan pendampingan tersebut terlihat Babinsa Koptu Noviandi bersama Bapak Azwan melakukan penyiangan gulma dan rumput pada tanaman padi secara manual dengan tangan agar tidak merusak tanaman padi sehingga tanaman padi dapat tumbuh dengan baik dan normal.

BACA JUGA  Babinsa Dan Warga Laksanakan Pencegahan Karhutla

Koptu Noviandi menjelaskan, Gulma adalah sejenis rumput atau tanaman liar yang tumbuh pada persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur disela sela atau diantar tanaman padi.

“Keberadaan gulma ini menjadi gangguan pada tanaman khususnya tanaman padi yang menyebabkan tanaman padi tidak dapat menghasilkan secara maksimal,” ungkapnya.

Plt. Danramil 419-04/Nipah Panjang Kapten Inf Riyakudu, Amd. mengatakan, Babinsa mendampingi petani memang sudah menjadi salah satu tugas pokoknya.

BACA JUGA  Babinsa Koramil Tungkal Ilir Bantu Petani Tanam Padi.

“Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk mewujudkan swasembada pangan yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah,” ungkap Plt. Danramil 04/Nipah Panjang Kapten Inf Riakudu, Amd.

Sementara itu pemilik lahan sawah, Bapak Azwan mengungkapkan rasa senang dan syukurnya atas pendampingan pertanian yang dilakukan oleh Babinsa.

“Saya merasa senang dan bersyukur kepada pak Babinsa yang mau mendampingi dan membantu kami para petani, dengan adanya bapak Babinsa kami termotivasi dan terbantu dalam pekerjaan ini,” ungkap Azwan. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Dan Warga Pantau Tanaman Padi Di Wilayah Binaan

BERITA

Masuk Musim Hujan, Danramil Nipah Panjang Minta Warga Waspada Banjir.

BERITA

Jelang Ramadhan, Babinsa bersama satgas covid-19 Cek penumpang kapal di pintu masuk kota kuala tungkal

Berita Koramil

Asa Cegah Karhutla Sertu Heri Windarto Memberikan Pelatihan Penanggulangan Karhutla Terhadap Masyarakat Peduli Api

BERITA

Babinsa Koramil 03/Tungkal Ilir Pantau Protkes Di Pelabuhan.

Berita Koramil

Koramil 419-01/Muara Sabak Terus Genjarkan Para Babinsanya Untuk Dampingi Para Petani.

BERITA

Danramil 419-03/Tungkal Ilir Hadiri Musrenbang Kecamatan Tungkal Ilir

Berita Koramil

Babinsa Ramil 03/Tungkal Ilir Anjangsana Ke Rumah Warga Binaan.