Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Sabtu, 26 Januari 2019 - 07:06 WIB

Semangat Babinsa Kodim Tanjab Dalam Wujudkan Program Swasembada Pangan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Semangat Kodim 0419/Tanjab untuk mewujudkan program swasembada pangan sepertinya sangat serius. Terbukti, meski kegitan sangat padat, Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu selalu aktif turun kesawah untuk mendampingi petani.

Peran Babinsa untuk ikut menjaga dan mensukseskan ketahanan pangan benar benar direalisasikan. Selain ikut memberikan penyuluhan, para tentara ini juga ikut mendampingi petani mulai dari proses pengolahan lahan hingga panen padi.

Salah satunya Babinsa Tanjung Bojo Serka M. Olis yang turun ke sawah mendampingi dan membantu panen padi Kelompok Tani Usaha Baru, Desa Tanjung Bojo, Kecamatan Batang Asam, Tanjung Jabung Barat, Sabtu (26/1/2019).

Kali ini adalah panen padi bibit jenis melati di areal sawah milik Pak Sayuti. Adapun hasil panen 5 Ton per Hektare dengan luas sawah yang dipanen mencapai 13 Hektare.

BACA JUGA  Babinsa 03/Tungkal Ilir Cek Debit Air dan Normalisasi Kanal Pembuangan Air.

Pada kesempatan itu, Babinsa Tanjung Bojo Serka M. Olis mengatakan, sabagai aparat teritorial, ia mangajak para petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan.

“Disamping pendampingan pertanian, hal ini sekaligus juga untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat melalui bidang pertanian,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, Babinsa selaku aparat teritorial merupakan ujung tombak TNI yang berada diseluruh wilayah desa binaannya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, diharapkan mampu mendorong para petani yang ada di wilayahnya dalam rangka meningkatkan produksi pangan.

BACA JUGA  Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Cek Tanaman Bibit Kedelai.

“Babinsa selaku motivator harus mampu mengajak petani untuk mendukung pencapaian program swasembada pangan nasional,” tegas Serka M. Olis.

Sementara itu, Pak Sayuti salah satu petani Desa Tanjung Bojo mengatakan sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah membantunya dalam melakukan panen padi kali ini. Diakuinya mulai dari penanaman selalu diberikan cara yang terbaik agar padinya bisa tumbuh subur.

“Mudah mudahan upaya petani yang dibantu oleh Babinsa mulai proses pengolahan lahan sampai dengan panen padi menuai hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan,” harapnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Danramil 419-01/Muara Sabak Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Tahun 2019.

BERITA

Babinsa 02/Tungkal Ulu Wilayah Kec. Batang Asam Peduli Sesamo Dengan Membagikan Paket Sembako

Berita Koramil

Babinsa 02/Tungkal Ulu Bantu Penjemuran Gabah Hasil Penen.

BERITA

Prajurit Kodim 0419/Tanjab Melaksanakan Olahraga Volly Ball.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 04/Nipah Panjang Lakukan Pendampingan Terhadap Petani Jagung.

Berita Koramil

Babinsa Serda Janopli Hadiri Rapat Dalam Rangka Membahas Permohonan Bantuan Tata Air Mikro Kelompok Tani Karya Bakti.

Berita Koramil

Antisipasi Corona, TNI dan Polri bersama Unsur Pemerintah Kecamatan di Berbak Semprot Perkantoran dengan Desinfektan.

BERITA

Melalui komsos, babinsa ingatkan masyarakat agar selalu menjaga keamanan.