Dandim 0419/Tanjab Kunjungi RSUD Suryah Khairuddin Merlung. Babinsa Desa Pinang Gading Hadiri Musyawarah Desa. Babinsa Rantau Makmur Dampingi Petani Pantau Pertumbuhan Tanaman Padi. Manfaatkan Warung, Babinsa Rantau Badak Lamo Komsos Dengan Warga Binaan. Babinsa Dusun Kebun Dampingi Petani Menjemur Padi.

Home / BERITA / Berita Koramil / Koramil Sabak

Kamis, 11 Juni 2020 - 14:29 WIB

Menjadi Motivator di Setiap Desa Binaan, Serda Mujaiz Alfarius Melaksanakan Pendampingan Pemupukan Tanaman Padi di Kel. Talang Babat

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Seorang Babinsa (Bintara Pembina Desa) harus menjadi motivator dan pelopor dalam setiap kegiatan masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah binaannya. Seperti yang dilakukan Serda Mujaiz Alfarius, Babinsa Kelurahan Talang Babat Koramil 419-01/Muara Sabak Kodim 0419/Tanjab. Mujaiz terjun langsung kesawah dalam melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi di areal sawah milik Bapak Suhar, warga Kelurahan Talang Babat, Kecamatan Muara Sabak Barat Kabupaten Tanjab Timur. Kamis (11/06/2020).

Suhar menanam padi jenis Infara 8 di sawahnya yang memiliki luas 2 hektar.

BACA JUGA  Koptu Firman Salasa Selalu Jali Hubungan Baik Dengan Warga Binaan.

“Pemupukan padi ini wajib dilakukan agar pertumbuhannya tetap baik sampai tiba masa panen. Jika tidak diberi pupuk dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan seperti tanaman lebih pendek dari ukuran normalnya kemudian daunnya kuning,” ungkap Serda Mujaiz.

Serda Mujaiz menambahkan, tujuan pemupukan ini untuk memberikan kesuburan tanaman padi, sebagai langkah proaktif dalam menanggulangi serangan hama pada tanaman padi. Di kesempatan ini Mujaiz juga mengimbau kepada para petani agar melakukan pemupukan secara serentak agar penanggulangan hama padi berjalan efektif.

“Kami sampaikan kepada para petani khususnya Bapak Suhar agar selalu merawat tanaman padi tersebut. Kami juga minta agar petani melakukan penyemprotan secara rutin untuk mencegah serangan hama,” tegasnya.

BACA JUGA  Antisipasi Covid - 19, Danramil bersama Kapolsek dan Camat Nipah Panjang Bubarkan Acara Hajatan Warga.

Lebih lanjut Mujaiz menyampaikan, keikutsertaan Babinsa merupakan upaya khusus untuk menyukseskan program swasembada pangan yang akan terus dilakukan di wilayah Kabupaten Tanjab Timur. Selain itu kebersamaan Babinsa dalam membantu petani merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

“Sesuai harapan, pemupukan dapat dilakukan secara efektif, sehingga tanaman padi tumbuh subur, hasilnyapun maksimal sesuai dengan harapan,” pungkasnya”. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Serda Masril Jalin Silaturahmi Dengan Tokoh Agama.

BERITA

Babinsa dampingi petani menanam padi

Berita Koramil

Babinsa Langsung Ke Sawah Dampingi Petani Semprot Tanaman Padi.

Berita Koramil

Babinsa Serka Ajran Lubis Monitoring Pertumbuhan Padi Petani.

BERITA

Upaya hanpangan, Babinsa dampingi petani cek pertumbuhan padi

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Bersama BPBD dan Masyarakat Melaksanakan Patroli Karhutla.

BERITA

Babinsa Sosialisasi dan Himbau Warga Binaan Agar Tidak Membakar Lahan

BERITA

Deteksi Dini Covid-19, Anggota Kodim 0419/Tanjab Rapid Test Antigen.