Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Minggu, 10 Maret 2019 - 06:08 WIB

Dandim Tanjab Himbau Masyarakat Jangan Bakar Lahan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Komandan Kodim (Dandim) 0419/Tanjab ,Letkol Inf Arry Yudistira meminta warga di Kabupaten Tanjab Timur tidak membakar lahan. Pasalnya asap yang disebabkan pembakaran lahan sangat berbahaya bagi kesehatan dan mengganggu perekonomian masyarakat itu sendiri.

“Kemarin sore berdasarkan laporan dari Babinsa Serka H.Sitorus, pada hari Sabtu, tanggal 9 Maret 2019 pukul 17.30 Wib, terjadi Kebakaran lahan di Parit 5 Desa Remau Baku Tuo Kec Sadu Kab Tanjabtim.

Juga informasi dari data BMKG Balai Besar Wilayah II Stasiun Meteologi Klas I Sultan Thaha Jambi pada tanggal 09 Maret 2019 Pukul 16.00 WIB, dalam Koordinat -1.23071.104.36678 tingkat kepercayaan 72% Kec. Sadu Kabupaten Tanjab Timur, ujar Dandim.

BACA JUGA  Babinsa Koptu M. Afrizal Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019.

Dari pengecekan yang dilaksanakan Babinsa, memang benar terjadi adanya kebakaran Lahan milik Tamrin, warga Desa Sungai Tering Kec Nipah Panjang Kab. Tanjab Timur dengan luas
lahan kurang lebih 2 (dua) Hektar. Sedangkan asal api masih dalam penyelidikan oleh pihak kepolisian setempat, dan kondisi api pada Sabtu sore pukul 17.30 WIB sudah dinyatakan padam, kata Dandim

Untuk itu kembali saya tegaskan, agar semua pihak menjaga lingkungan dengan baik dan jangan menjadikan cuaca panas disalahgunakan untuk kegiatan melanggar hukum seperti pembakaran lahan, ujar Dandim.

Dandim juga menjelaskan, bahwa selama ini pihaknya selalu berupaya menghentikan kegiatan ilegal itu. Bahkan, sejumlah personil TNI baik dari Koramil dan Babinsa pun ikut turun langsung ke sejumlah lokasi untuk memadamkan titik api yang terbakar. Seperti yang terjadi di Desa Remau Baku Tuo Kec Sadu Kab Tanjabtim ini.

BACA JUGA  Babinsa Nipah Panjang Lakukan Pendampingan UPSUS PAJALE Di Wilayah Binaan.

“Saat ini kami selalu berkoordinasi, baik dengan BPBD, Dinas Kehutanan, Manggala Agni dan Polres Tanjab Timur untuk memantau kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Tanjab Timur,” jelasnya.

Hingga saat ini, pihak Kodim 0419/Tanjab selalu mendukung penuh tim gabungan itu untuk memadamkan api yang terjadi di lahan msyarakat yang terbakar. Dan juga akan menindak tegas dan memberikan sanksi bagi masyarakat yang kedapatan atau dengan sengaja melakukan pembakaran, pungkas Perwira Akmil 2000 ini. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa 01/Muara Sabak Membantu Petani Menanam Jagung.

Berita Koramil

Babinsa Serda Bambang Dampingi Petani Semprot Tanaman Padi.

Berita Koramil

Serka Hendika Hadiri Sosialisasi Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit.

Berita Koramil

Babinsa Parit Culum I Ajak Warga Pantau Situasi Hutan dan Lahan.

Berita Koramil

Babinsa Pelda Dedi R. Purba : Himbauan Tentang Bahaya Karhutla Kepada Masyarakat.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 02/Tungkal Ulu Aktif Membantu Petani Cek Pertumbuhan Bibit Padi.

Berita Koramil

Babinsa Kopda Syawalludin Hadiri Musyawarah Desa.

Berita Koramil

Berantas COVID-19, Koramil Tungkal Ilir Terus Lakukan Penyemprotan Disinfektan.