Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Minggu, 22 Desember 2019 - 14:23 WIB

Babinsa Ramil 02/Tungkal Ulu Bersama Petani Cek Irigasi Sawah.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serda Suparjo Rustam melaksanakan kegiatan pengecekan tanaman padi dan irigasi yang mengaliri air sepanjang lahan pertanian di Kelurahan Dusun Kebun, Kecamatan Batang Asam, Kab. Tanjab Barat, Minggu (22/12/19).

Kegiatan pengecekan irigasi ini merupakan bagian dari tugas pendampingan pertanian di desa binaan dalam rangka mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan agar bisa tercapai swasembada pangan.

BACA JUGA  Babinsa Desa Pinang Gading Hadiri Musyawarah Desa.

“ini merupakan tanggung jawab kita semua agar petani tidak kekurangan air yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi dalam mencapai target swasembada pangan,” kata Serda Suparjo Rustam.

Lebih lanjut Serda Suparjo Rustam menyampaikan bahwa pengecekan secara rutin penting untuk dilakukan secara bersama-sama dan kemudian mengajak petani untuk membersihkan saluran irigasi yang telah banyak ditumbuhi rumput-rumput maupun sampah.

“Saluran yang dipenuhi rumput dan sampah akan kita bersihkan, jangan sampai mengganggu aliran air ke sawah dan petani pun dapat dengan mudah untuk mengairi persawahan yang sudah berumur 36 hari setelah masa tanam,” ungkap Serda Suparjo.

BACA JUGA  Serda Sutrisno Lakukan Pengecekan Jagung Milik Poktan Lestari.

Terlihat Serda Suparjo Rustam bersama pemilik lahan, Bapak Kemis sedang mengecek dan membersihkan saluran irigasi yang dipenuhi rumput guna mengupayakan normalisasi saluran irigasi secara manual agar memperlancar aliran air ke persawahan warga. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Artikel

Meningkatkan Kesehatan Pelabuhan: Kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Pelabuhan Sehat Muara Sabak

BERITA

Babinsa Desa Pulau Pauh Lakukan Komsos Dengan Warga Binaan.

BERITA

Sambangi Warga Binaan, Babinsa Ingatkan Warga Terapkan Protkes.

BERITA

Bersama cegah karhutla, Babinsa ajak warga binaan patroli

Berita Koramil

Babinsa Sertu Suwarno Hadiri Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW.

Berita Koramil

Sebagai Babinsa Koptu Pirdaus Bantu Petani Menjemur Gabah Padi Hasil Panen.

Berita Koramil

Di Laksanakan Secara Rutin Bersama Petani Babinsa Ramil 01 Mengecek Lahan Sawah

Berita Koramil

Babinsa Serda Naroh Hadiri Rapat Laporan Kegiatan Operasional Manajemen Bumdes Bumi Makmur Per 31 Desember 2018.