Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Babinsa Sigap Membantu dalam Penanganan Kebakaran di Kota Tungkal Ilir Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Andil Dalam Pengamanan Arus Pulang Mudik 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Sabtu, 7 November 2020 - 13:13 WIB

Dandim 0419/Tanjab Imbau Warga Jangan Buka Lahan Dengan Cara Membakar.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Komandan Kodim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P., meminta seluruh masyarakat mewaspadai kebakaran di lahan kosong.

“Lahan-lahan kosong atau tidak digarap oleh pemilik sangat rawan terjadi kebakaran akibat adanya unsur kesengajaan. Untuk itu semua pihak harus meningkatkan kewaspadaan dan aktif mengantisipasi,” kata Letkol Inf Erwan Susanto di Kuala Tungkal, Sabtu (7/11/2020).

Menurut dia, unsur kesengajaan dominan menjadi penyebab kebakaran lahan karena proses membersihkan lahan dengan cara membakar semak belukar akan lebih cepat dan murah, serta tidak memerlukan tenaga yang banyak.

Sampai saat ini, masih ada oknum pemilik lahan yang lebih memilih membakar lahan untuk pembersihan dari semak belukar. Padahal cara tersebut jelas dilarang dan menjadi perhatian pemerintah.

BACA JUGA  Kedekatan Babinsa Dan Warga Binaan Melalui Komsos.

Seperti yang dilaporkan oleh Danramil 01/Muara Sabak, tentang kejadian kebakaran lahan di Desa Jatimulyo, Kecamatan Dendang. Lahan tersebut merupakan lahan terbuka yang sudah siap ditanami sawit oleh pemilik lahan.

Tentunya hal tersebut akan menimbulkan kerugian baik untuk pemilik maupun orang lain.

“Di balik kemudahannya, membakar lahan menimbulkan banyak kerugian, baik untuk pemilik maupun orang lain. Apalagi pembakaran tidak dikendalikan serta dilakukan di lahan gambut,” katanya.

Selain sulit memadamkan kebakaran di lahan gambut, kata dia, kebakaran lahan juga akan berdampak terhadap kasus hukum, apalagi jika terbukti dilakukan dengan sengaja.

BACA JUGA  Lakukan Pengecekan Embung, Babinsa Remau Baku Tuo : Ini Upaya Dan Antisipasi Karhutla.

Dalam skala yang lebih besar, katanya, kebakaran lahan juga akan menimbulkan polusi udara yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Ia mengatakan kabut asap akibat kebakaran lahan juga mengganggu roda perekonomian daerah.

Kerugian lainnya, katanya, adalah terganggunya perjalanan masyarakat antar daerah mulai dari yang menggunakan transportasi darat hingga laut.

Pihaknya mengimbau warga Tanjab Barat bersama-sama mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan serta tidak membakar lahan untuk kepentingan pembersihan lahan dari semak belukar. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Pandan Makmur Ajak Warga Binaan Gotong Royong Bersihkan Aliran Sungai dan Tumpukan Sampah.

Berita Koramil

Babinsa Sungai Jeruk Koramil 04/Nipah Panjang Lakukan Monitoring Pertumbuhan Padi.

BERITA

Koramil 419-01/Muara Sabak Melaksanakan Operasi PPKM

BERITA

Babinsa Dampingi Petani Lakukan Peninjauan Bibit Padi.

BERITA

Dampingi Petani, Wujud Kepedulian Babinsa Di Wilayah.

Berita Koramil

Pentingnya Kerjasama bersama Masyarakat Guna Cegah Karhutla di Wilayah Koramil 03 Tungkal Ilir

Berita Koramil

Babinsa Lambur II Lakukan Pengecekan dan Monitoring Tanaman Jagung.

BERITA

Babinsa koramil 02/Tungkal Ulu dampingi petani Tinjau tanaman padi.