Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024

Home / BERITA / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Rabu, 27 Januari 2021 - 13:19 WIB

Dengan Pendampingan Babinsa, Panen Jagung Memuaskan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Serda Saharudin adalah anggota Babinsa Koramil 04/Nipahpanjang wilayah Kodim 0419/Tanjab. Dalam tugasnya, Serda Saharudin ini membina wilayah Desa Airhitam laut, Kec. Sadu, Kab Tanjabtim. Satu di antara program binaan yang dilaksanakannya yakni turut menyukseskan swasembada pangan dengan mendampingi para petani di desa tersebut, di antaranya dalam hal bertanam jagung.

Dalam panen jagung, misalnya. Serda Saharudin ikut membantu petani saat memanen jagung di Desa Airhitam Laut, Rabu (27/1/2021). Usaha keras yang dilakukan para petani jagung ini akhirnya menuai hasil yang diharapkan.

Serda Saharudin membantu para petani yang tergabung dalam Poktan Makmur memanen jagung di atas lahan milik Mustakim (45). Terlihat Serda Saharudin usai memetik buah jagung dan mengumpulkan hasilnya buahnya bersama Petani. Menurut Serda Saharudin, dirinya membantu para petani di desa tersebut saat panen jagung ini menjadi sumber motivasi juga bagi para petani lainnya.

BACA JUGA  Rampung 71 Persen, Pembuatan Jalan TMMD Desa Labuhan Pering Dikebut.

“Panen jagung kali ini hasilnya sangat memuaskan. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi petani dan masyarakat lainnya untuk lebih giat dan berpartisipasi dalam membantu pemerintah menyukseskan program ketahanan pangan nasional yang saat ini tengah pandemi,” ujarnya.

Sementara pemilik lahan, Mustakim, mengatakan pendampingan yang dilakukan Serda Saharudin ini memberikan dampak yang positif di desa yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Pihaknya meminta kerja sama seperti ini dapat dilanjutkan untuk menciptakan ketahanan pangan dan kemandirian bagi masyarakat.

BACA JUGA  Danramil 419-04/Nipah Panjang Hadiri Apel Gelar Pasukan Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan serta Pencegahan Kabut Asap di Kab. Tanjab Timur

Sementara itu, Danramil 04/Nipahpanjang Kapten Adil Tarigan mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan seluruh babinsa di wilayah teritorialnya ini merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan untuk mendukung dan mensukseskan pencapaian swasembada pangan di wilayah sesuai program pemerintah, palagi disaat sekarang bangsa kita dilanda pandemi virus corona.

“Pendampingan ini dilakukan tidak hanya pada saat panen saja, tetapi mulai dari pendistribusian benih dan pupuk, pengolahan lahan, masa tanam, masa perawatan hingga masa panen tiba. Para babinsa diharapkan mampu untuk mengajak dan memotivasi petani untuk lebih bersemangat dalam mengelola lahan pertanian sehingga produktivitas pertanian semakin meningkat,” pungkasnya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Bantu Petani Tanam Padi Menjelang Akhir Periode OKMA 2018/2019.

BERITA

Bentuk Kepedulian Wilayah, Babinsa Bantu Tanam Padi.

BERITA

Bersama Warga, Babinsa Laksanakan Patroli Cegah Karhutla.

BERITA

Babinsa Desa Sungai Pampang Bantu Petani Membersihkan Lahan.

Berita Koramil

Babinsa Serma Hamdan Rasidi Pererat Hubungan Kekeluargaan Dengan Warga Binaan.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 04/Nipah Panjang Cek Kondisi Padi Sawah.

BERITA

Dandim 0419/Tanjab Ikuti Safari Ramadhan Di Masjid Agung Al-Istiqomah.

BERITA

Ayo Daftar Caba PK TNI-AD TA. 2020 “Negara dan Bangsa Menunggu Darma Baktimu”