Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Jumat, 9 Agustus 2019 - 08:43 WIB

Babinsa Koramil 01/Ma. Sabak Rutin Lakukan Patroli Disertai Sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Walaupun musim penghujan sudah berakhir dan telah memasuki musim kemarau, namun Kodim 0419/Tanjab dan jajarannya terus melakukan tindakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Seperti kegiatan yang dilakukan oleh Sertu Ajran Lubis, Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak yang giat dan rutin melaksanakan patroli disertai sosialisasi Karhutla di wilayah desa binaannya, Desa Lambur 1, Kec. Muara Sabak Timur, Kab. Tanjab Timur, Jumat (09/08/19).

Dalam kegiatan patroli dan sosialisasi tersebut, Sertu Ajran selaku Babinsa sangat mengharapkan kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan.

BACA JUGA  Babinsa Jalin Hubungan Baik Dengan Warga Binaan.

“Membuka lahan pertanian dan perkebunan dengan cara membakar merupakan tindakan yang melawan hukum dan dapat diancam dengan hukuman pidana penjara serta denda yang besar,” jelas Sertu Ajran kepada warga.

Lebih lanjut Sertu Ajran Lubis mengatakan, membuka lahan untuk pertanian dan perkebunan tidak harus dilakukan dengan cara membakar, karena sekarang sudah banyak teknologi pertanian yang bisa digunakan untuk membuka lahan serta menyuburkan tanah.

BACA JUGA  Jaga Silaturahmi, Babinsa Kunjungi Rumah Warga Binaan.

“Memang budaya orang tua kita jaman dahulu apabila mau bercocok tanam harus dengan cara membakar lahan dengan maksud supaya tanah menjadi subur. Tapi itu jaman dulu yang teknologi pertanian tidak semaju sekarang ini,” kata Sertu Ajran.

Sebagai Babinsa yang bertugas di desa kita harus bisa menyadarkan masyarakat akan bahaya dan dampak yang diakibatkan dari kebakaran hutan dan lahan tersebut bagi lingkungan, kesehatan maupun kegiatan ekonomi warga,” pungkasnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Babinsa Dan Warga Lakukan Patroli.

BERITA

Babinsa Koramil Muara Sabak Bantu Petani Menggiling Hasil Panen Padi.

Berita Koramil

Personel Kodim Tanjab Bersinergi Dengan Dinas/Instansi Terkait Lakukan Pemantauan Arus Mudik Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Berita Koramil

Serka Ari Purwanto : Upacara Bendera Dilaksanakan Untuk Menumbuhkan Wawasan Kebangsaan.

BERITA

Peduli Lingkungan, Forkopimda Tanjab Barat Tanam Mangrove.

BERITA

Jaga Silahturahmi, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Komsos Dengan Warga Binaan.

Berita Koramil

Babinsa Serka Hasan Basri Terus Lakukan Patroli Sambil Memberikan Sosialisasi Larangan Pembakaran Hutan dan Lahan.

Artikel

Makin Akrab Bersama Masyarakat. Babinsa Koramil 419-03/Tungkal ilir Laksanakan Kegiatan Komsos