Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Kamis, 10 Oktober 2019 - 15:17 WIB

Danramil Tungkal Ulu Tinjau Lokasi Lubuk Larangan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com –  Komandan Koramil 419-02/Tungkal Ulu Kapten Inf Zulkarnain, SH tinjau lokasi lubuk larangan yang berada di aliran Sungai Pengabuan, Desa Dusun Mudo, Kecamatan Muara Papalik Kab. Tanjab Barat, Rabu (9/10/19).

Kegiatan peninjauan lubuk larangan ini juga diikuti oleh Camat Muara Papalik Drs. Riduwan, Kades Dusun Mudo Anggi Saputra, Ketua BPD Desa Dusun Mudo Andriazi, Field Manager PT. MSJ Jan Superi ST, Ketua RT. 01Misran, Ketua TP PKK Kec. Muara Papalik Marlena Hartati AM Keb., Ketua TP PKK Desa Dusun Mudo Pratika Rahmad AMD.KL serta warga setempat.

BACA JUGA  Saat Penyaluran BLT, Babinsa Ingatkan Masyarakat Terapkan Protkes.

Tradisi lubuk larangan ini sudah menjadi budaya tersendiri di Desa Dusun Mudo yang hingga kini terus terjaga. Tradisi lubuk larangan ini sendiri bertujuan agar dapat menjadi wadah kebersamaan masyarakat pada saat panen atau pada hari pembukaan lubuk larangan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Danramil 419-02/Tungkal Ulu Kapten Inf Zulkarnain, SH mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan menghormati tradisi lubuk larangan yang merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang harus tetap kita jaga.

BACA JUGA  Sertu Hamdan Hadiri Acara Serah Terima Jabatan dan Pelantikan Pejabat Desa.

“Kita berharap dengan adanya tradisi lubuk larangan ini nantinya akan dapat memberikan kontribusi pembangunan di desa dan masyarakat,” ujar Danramil.

Pada peninjauan lokasi lubuk larangan yang berada di Sungai Pangabuan ini, digunakan oleh warga desa untuk memelihara ikan air tawar antara lain Ikan Toman, Mujair, Lampam dan ikan Barau. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Serda Firdaus Memonitoring Padi Petani Sebelum Periode OKMA Selesai.

BERITA

Babinsa Desa Kota Kandis Bantu Warga Binaan Menjemur Padi.

BERITA

Babinsa Desa Pasar Senen Komsos Dengan Warga Binaan.

Artikel

Dekat dengan Masyarakat. Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Laksanakan Komsos.

Berita Koramil

Babinsa Lubuk Kambing Melayat Warga Binaan di Rumah Duka.

BERITA

Babinsa Laksanakan Komsos Dengan Warga

Berita Koramil

Babinsa 01/Muara Sabak Dampingi Petani Lakukan Pemupukan Padi Sawah.

BERITA

Babinsa Bantu Warga Binaan Jemur Padi Hasil Panen.