Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Babinsa Sigap Membantu dalam Penanganan Kebakaran di Kota Tungkal Ilir Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Andil Dalam Pengamanan Arus Pulang Mudik 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Selasa, 15 Oktober 2019 - 14:27 WIB

Babinsa Rawa Medang Bangkitkan Semangat Petani Dalam Mengolah Lahan Sawah.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Kodim 0419/Tanjab Serma Juhendri mendampingi petani mengolah lahan sawah di Desa Rawa Medang, Kec. Batang Asam, Kab. Tanjab Barat, Senin (14/10/19).

Pengolahan lahan kali ini berupa pembajakan sawah seluas 1 hektar milik Anwarudin, anggota kelompok tani Usaha Baru, dengan menggunakan satu unit traktor tangan (hand tracktor) milik kelompok tani.

Ditengah kegiatan pendampingan tersebut, Serma Juhendri mengatakan, pembajakan lahan sawah ini merupakan proses pembalikan tanah guna memperbaiki sifat fisik tanah sehingga lahan dapat digunakan untuk masa tanam padi berikutnya.

BACA JUGA  Babinsa Dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Tugu Perjuangan.

“Pengolahan lahan dengan menggunakan traktor dapat membantu menyuburkan tanah yang akan ditanami, karena dengan menggunakan traktor akan mengubah sifat fisik tanah pada lapisan atas yang semula keras menjadi gembur dan melumpur,” ujar Serma Juhendri.

BACA JUGA  Serka Maulana Ali Hadiri Rapat Pembentukan Panitia Pemilihan BPD Sungai Raya.

“Tidak hanya itu saja, keuntungan lain bila membajak sawah dengan traktor maka gulma akan mati terbenam dan membusuk yang kemudian menjadi humus sehingga tanah menjadi lebih subur dan siap ditanami,” tambahnya.

Aktivitas pendampingan gang dilakukan oleh Babinsa merupakan upaya khusus ketahanan pangan guna meningkatkan produksi pangan sekaligus membantu petani mewujudkan swasembada pangan di wilayah. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Cek Padi Yang Siap Panen.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Cek Tanaman Jagung.

BERITA

Babinsa Desa Mekar Jati Komsos Dengan Warga Binaan.

Berita Koramil

Babinsa Koptu M. Afrizal Mendampingi Petani Menanam Padi.

Berita Koramil

Babinsa Lubuk Kambing Bergotong Royong Bersama Warga Membuat Drainase di Sisi Jalan.

BERITA

Babinsa Bantu Panen Cabe Di Wilayah Desa Binaan

Berita Koramil

Danramil Nipah Panjang Hadiri Kunker Anggota Komisi V DPR RI Ke Ujung Jabung.

BERITA

Babinsa Koramil 01/Muara Sabak Dampingi Warga Lakukan Peninjauan Tanaman Jagung.