Danramil 419-05/Geragai Ikuti Sosialisasi Tingkat Desa/Kelurahan Eastern Jabung tentang Survei Seismik 3D dan 2D Musyawarah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanjung Jabung Barat: Membangun Kemanusiaan Bersama Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Hadiri Halal Bihalal di Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjab Barat Danramil Turut Serta Dalam Sosialisasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Masyarakat Desa Pandan Makmur Danramil 419-04/Nipah Panjang Laksanakan Pertemuan dengan Pok Tani Sumber Makmur Desa Rantau Rasau

Home / Artikel / BERITA / Berita Koramil

Rabu, 6 Maret 2024 - 20:51 WIB

Rapat Persiapan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) 2024: Langkah Strategis Menuju Keadilan Tanah

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Mayor Inf. Ahmad Riadh, S.Ag. dari Pabungdim 0419/Tanjab, menghadiri rapat persiapan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) di aula kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Kelurahan Rano, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjab Timur. Rabu (6/3/24)

Rapat yang dipimpin oleh Plt. Kepala Pertanahan Kab. Tanjab Timur, Frangki Levantri, SE, dihadiri oleh sejumlah pejabat dan instansi terkait. Antara lain, Sekda Kab. Tanjab Timur yang diwakili oleh Kasipem Kab. Tanjab Timur, Samsi Musrial, SE, Pabung Kodim 0419/Tanjab Mayor Inf. Ahmad Riadh, S. Ag, Kasi Intel Kejari Tanjab Timur yang diwakili oleh Amin Luthfi, SH, Kasat Intelkam Polres Tanjab Timur yang diwakili oleh Iptu Roni Marantika, SH, Ketua Lembaga Adat Melayu Kab. Tanjab Timur, Ahmad Suwandi, SH, MH, Batiterbung Kodim 0419/Tanjab, Peltu Sana Candra Suseno, Kabagpem Tanjab Timur, Frans Supriadi, SH, Perwakilan OPD, dan staf BPN Kab. Tanjab Timur.

BACA JUGA  Babinsa Ramil Muara Sabak Bantu Petani Dalam Melaksanakan Panen Padi.

Rapat ini melibatkan susunan acara seperti pembukaan, sambutan Sekda Kab. Tanjab Timur yang dibacakan oleh Samsi Musrial, SE, pemaparan materi oleh Kasi Penataan dan Pemberdayaan BPN Kab. Tanjab Timur, Andi Darmawan, S.SiT, sesi tanya jawab, dan penutup.

Dalam sambutan Sekda Kab. Tanjab Timur, tujuan utama reforma agraria dijelaskan sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan, kedaulatan pangan, dan akses masyarakat terhadap sumber ekonomi. Setelah rapat persiapan, kegiatan akan dilanjutkan dengan rapat koordinasi GTRA Tahun 2024.

BACA JUGA  Koramil 419-01/Muara Sabak Melaksanakan Operasi PPKM

Pemaparan materi oleh Andi Darmawan, S.SiT, mencakup tugas GTRA, sumber TORA (Tanah Objek Reforma Agraria), penyelesaian konflik agraria, pelaksanaan GTRA dalam pembentukan Kampung Reforma Agraria (RA), dan potensi TORA GTRA Kab. Tanah Timur Tahun 2024.

Rencana lokasi Kampung RA di Desa Marga Mulya dan Desa Mencolok menjadi langkah nyata dalam mewujudkan keadilan tanah melalui reforma agraria. Dengan adanya rapat persiapan ini, diharapkan Gugus Tugas Reforma Agraria dapat berjalan dengan efektif untuk mewujudkan penataan aset, pemilikan tanah yang lebih adil, serta pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Tanjab Timur. (Pentjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Laksanakan Pengecekan Tanaman Padi.

BERITA

Pabung Marlianus Hadiri Sosialisasi Cegah Karhutla Kab. Tanjab Timur.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Dampingi Petani Cek Pertumbuhan Jagung.

BERITA

Kodim 0419/Tanjab Sinergi Dengan DLH Gotong Royong Bersihkan Lingkungan.

Berita Koramil

Babinsa Teluk Dawan Bersama Poktani Lakukan UPSUS Untuk Mengetahui Kondisi Tanaman Padi.

BERITA

Bentuk Sinergitas 4 Polsek Dan Sat Pol Airud Polres Tanjab Timur serta Camat beri Ucapan Hut TNI Ke-75 Di Koramil 419-01/Muara Sabak

BERITA

Dandim Tanjab Turunn Ke Lokasi Kebakaran Rumah Berikan Bantuan Sembako “Garuda Putih Peduli Sesamo”.

BERITA

Antisipasi karhutla,Babinsa dan tim satgas lakukan pengecekan embung