Babinsa Mendampingi Warga Binaan Meninjau Tanaman Padi Dandim 0419/Tanjab Hadiri Pelepasan Pawai Budaya Dandim 0419/Tanjab Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia Dandim 0419/Tanjab Pimpin Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Di TMP Yudha Satria Pengabuan Babinsa Dampingi Poktan Lakukan Penggilingan Padi

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Minggu, 27 Oktober 2019 - 13:59 WIB

Para Petani Desa Tanjung Bojo Membajak Sawah Bersama Pak Babinsa.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Para petani di Desa Tanjung Bojo mulai membajak sawah mereka pasca panen beberapa waktu yang lalu guna persiapan masa tanam.

Dengan didampingi Serka M. Olis, Babinsa Koramil 02/Tungkal Ulu, Bapak Saipul mulai membajak lahan sawahnya dengan menggunakan hand traktor di persawahan Desa Tanjung Bojo, Kec. Batang Asam, Kab. Tanjab Barat, Minggu (27/10/19).

Pengolahan lahan sawah dengan metode menggunakan mesin traktor ini adalah cara pengolahan lahan yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami padi.

BACA JUGA  Pasca Lebaran, Babinsa Lakukan Pengecekan Penumpang Kapal.

Babinsa Serka M. Olis, saat ditemui mengatakan, penggunaan hand traktor ini bukanlah hal yang baru bagi petani. “Hand traktor sendiri digunakan oleh para petani untuk mengubah sifat fisik tanah yang semula keras akan menjadi datar dan melumpur,” katanya.

Selain itu, keuntungan lain yang didapat selama pengolahan lahan menggunakan hand traktor adalah gulma yang tumbuh akan mati dan membusuk di dalam tanah sehingga dapat menjadi humus yang sangat berguna bagi tanaman padi.

BACA JUGA  Babinsa Koramil 419-02/TU Bantu Poktan Jemur Padi Hasil Panen.

“Pengolahan lahan dengan menggunakan hand traktor ini diharapkan akan mempermudah para petani dalam merawat dan memperbaharui sifat tanah saat padi siap untuk ditanam,” tutur Serka M. Olis.

Ditambahkannya juga bahwa pembenahan galangan dan pematang sawah perlu diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Kawal Penyaluran BLT Di Wilayah Binaan.

BERITA

Babinsa Rawa Medang Dampingi Poktan Lakukan Pengolahan Lahan.

Berita Koramil

Babinsa Hadiri Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H/2019 M di SMP Satu Atap 3 Tungkal Ulu.

Berita Koramil

Pelda Eko Purwanto Yusuf Rutin Berkomunikasi Bersama Perangkat Desa.

BERITA

Pasca Lebaran, Babinsa Lakukan Pengecekan Terhadap Penumpang Kapal Dari Batam.

Berita Koramil

Koramil 03/Tungkal Ilir Bersama Tim Terpadu Sigap Padamkan Api Kerhutla Desa Muntialo.

Berita Koramil

Berlumpur, Babinsa Ramil 02 Dampingi Petani Perbaiki Tanggul Sawah

Berita Koramil

Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Tidak Sungkan Turun Kesawah Membantu Petani.