Home / BERITA / KEGIATAN KODIM 0419

Kamis, 26 Maret 2020 - 16:21 WIB

Antisipasi dan Hindari Kepanikan Masyarakat Terkait Informasi Virus Corona, Kasdim 0419/Tanjab Bersama Instansi Terkait Pantau Kedatangan Penumpang di Pelabuhan RORO.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Untuk mengantisipasi penyebaran dan hindari kepanikan Masyarakat akan Informasi Penyebaran Virus Corona di wilayah Kota Kuala Tungkal, Komandan Kodim 0419/Tanjab diwakili Kasdim Mayor Chb Indra Wijaya bersama Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur, Juru bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tanjab Barat Ir. H. Taharuddin, Danramil Tungkal Ilir Kapten Inf Suseno serta Dinas/Instansi Terkait, melaksanakan pemantauan dan pengecekan kesehatan penumpang di Pelabuhan Roro Kecamatan Kuala Tungkal Kabupaten Tanjab Barat, Kamis (25/3/2020).

Pada kesempatan tersebut, Kasdim bersama rombongan juga melakukan dialog dengan penumpang dan pengecekan SOP penanganan maupun sejumlah alat health quarantine check (HQC) untuk mendeteksi suspec corona pada kedatangan penumpang.

Usai melakukan pengecekan HQC, Kasdim Mayor Chb Indra menyampaikan bahwa kami dari Kodim bersama dari Institusi Polri, Dinas Kesehatan Tanjab Barat melakukan pengecekan secara langsung terhadap kedatangan penumpang dari Batam terkait dengan isu kedatangan TKI sebanyak 122 orang dari Batam dengan menggunakan Kapal KMP Satria Pratama dan akan berlabuh di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal.

BACA JUGA  Dandim 0419/Tanjab Hadiri Peresmian Gedung Baru Polres Tanjab Barat.

Namun, dari 122 penumpang tersebut bukanlah TKI dari Malaysia. melainkan 53 penumpang merupakan siswa/siswi SMK Taruna Jambi yang baru pulang dari kegiatan praktek pembelajaran sistem navigasi kapal. Sedangkan sisanya merupakan dewan guru SMK Taruna Jambi dan penumpang biasa, ujarnya.

Terpisah, Juru Bicara Tim Gugus Covid-19 Tanjab Barat, Taharuddin mengatakan, setibanya para penumpang di pelabuhan Roro, tim langsung melakukan pemeriksaan kesehatan dan suhu tubuh. Hasilnya kondisi penumpang dalam keadaan baik.

“Kita memeriksa 142 orang, yang terdiri dari 120 penumpang, dan 22 ABK. Kondisinya kesehatan penumpang baik, suhunya normal antara 35 derajat sampai 37,1 derajat,” katanya.

Ditambahkannya, dari hasil pemeriksaan ditemukan satu orang penumpang yang merupakan TKI dari Malaysia berjenis kelamin perempun berinisial E (42). TKI tersebut tinggal di Desa Parit Pudin.

Diketahui, jika E bekerja di Malaysia selama 86 hari sebagai ART di daerah Rengit. Lalu pada 14 maret lalu E berangkat ke Batam via kapal laut dan telah dilakukan pemeriksaan oleh petugas KKP Batam. Disana ia mendapatkan HAC.

BACA JUGA  Ini Kata Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto Pada Jam Komandan Kepada Anggota dan PNS.

TKI tersebut juga sempat menginap di Batam selama 10 hari di peternakan Ayam Belerang, tempat suaminya bekerja. Barulah pada Rabu (25/3/2020) ia berangkat via kapal KMP Satria Pratama.

“Dari hasil pemeriksaan kesehatan diketahui suhu tubuhnya 35,3 derajat celcius, tidak ada riwayat demam, tidak ada keluhan batuk, pilek dan sakit tenggorokan. Hanya HAC dari batam hilang dan sudah diberikan HAC pengganti,” jelas Taharuddin lagi.

Selanjutnya, tim langsung memberikan edukasi pada TKI tersebut melakukan isolasi mandiri. Instuksi ini sesuai dengan SE Menkes No. HK02.01/MENKES/202/2020 tentang protokol Isolasi diri sendri dalam rangka penanganan covid-19.

“Selain itu, E juga diminta melakukan pemeriksaan mandiri dan melaporkannya kepetugas Puskesmas setempat selama 14 hari terhitung tanggal 26 Maret 2020,” tandasnya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Bersama Warga Serda Suparjo Rustam Selaku Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Melaksanakan Pengecekan Debit Air

BERITA

Babinsa Koramil 419-1 Muara Sabak Wialayah Bukit Tempurung Bantu Evakuasi Korban Gantung Diri

BERITA

Pelda Hasan Efendi Hadiri Pemusnahan BB Jenis Narkotika di Kantor Kejaksaan Kuala Tungkal.

BERITA

Dapat Kejutan HUT TNI Ke-74, Kasdim Tanjab Beserta Anggota Sambut Hangat Wakapolres Beserta Jajaran.

BERITA

Kasdim 0419/Tanjab Hadiri Upacara Hardiknas Tahun 2019.

BERITA

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa memberangkatkan bantuan kemanusiaan bagi korban tsunami Selat Sunda dari Mabesad

BERITA

Dandim 0419/Tanjab Sambut Danrem 042/Gapu Beserta Rombongan di Makodim.

BERITA

Kasdim 0419/Tanjab Hadiri Kunjungan Kerja Pengadilan Negeri Jambi.