Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Babinsa Sigap Membantu dalam Penanganan Kebakaran di Kota Tungkal Ilir Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Andil Dalam Pengamanan Arus Pulang Mudik 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Jumat, 19 Juli 2019 - 07:46 WIB

Danramil 01/Muara Sabak Hadiri Rapat Teknis Penanggulangan Karhutla Kab. Tanjab Timur.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Komandan Kodim 0419/Tanjab diwakili Danramil 01/Muara Sabak menghadiri kegiatan rapat teknis penanggulangan Karhutla bertempat di Ruang Rapat Kantor BPBD Kab. Tanjab Timur, Jumat (19/07/19).

Rapat teknis dipimpin oleh Kepala Badan Pelaksana BPBD Kab. Tanjab Timur Jakfar, S.Sos. dan dihadiri oleh Sekretaris BPBD Mustafa, Kabid Damkar M. Nassir, Sekdis Pendidikan Mamiati, Kabid Lindaya Jamsos Herman Firdaus, Paurmin Bagops Polres Frengky L Manik, Kabid Bina Program BPBD Menhenri, Kabid Rehabilitas dan Rekonstruksi BPBD Damris, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Rahmad H, Kabid Kedaruratan dan Logistik Indra Gunawan, Dinkes Wahyu Adha Eko.

Kepala Badan Pelaksana BPBD, Jakfar, S.Sos dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa setelah ditetapkan status Siaga Darurat Karhutla, akan dibentuk tim terpadu dalam bentuk posko penanganan darurat bencana.

BACA JUGA  Melalui Kebersamaan Sersa M. Jhoni Ajak Pengojek Bagian dari Peduli Api Cegah Karhutla

“Posko terpadu ini bertugas untuk membantu tim terpadu dalam kegiatan operasi penanganan Karhutla untuk dapat mengerahkan para relawan tanggap bencana di desa,” kata Kepala Pelaksana BPBD, Jakfar, S.Sos.

Sementara itu, Dandim 0419/Tanjab yang diwakili Danramil 01/Muara Sabak Kapten Inf Suharwo menyampaikan bahwa anggota Kodim 0419/Tanjab sudah melakukan pengecekan wilayah yang rawan terhadap potensi bencana kebakaran hutan dan lahan secara rutin dan intensif.

Selain itu, Danramil juga menyampaikan bahwa Kodim 0419/Tanjab akan memback up setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh BPBD dan Posko Terpadu dalam penanganan dan pencegahan Karhutla di Tanjab Timur.

Dalam kesempatan tersebut juga, Danramil memohon dukungan pinjaman GPS dari BPBD untuk kemudahan Babinsa dalam melaksanakan patroli Karhutla.

BACA JUGA  Pasca Cuti Lebaran, Dandim 0419/Tanjab Pimpin Apel Pagi Pengecekan Pasukan.

Adapun hasil rapat koordinasi ini menghasilkan kesepakatan untuk mengusulkan penetapan status Siaga Darurat Karhutla kepada Bupati untuk diteruskan ke tingkat Provinsi agar mendapat persetujuan, mengingat pada saat ini telah memasuki musim kemarau.

BPBD bersama tim terpadu akan mendirikan 4 Posko Lapangan dan 1 Posko Induk untuk melakukan pencegahan Karhutla.

BPBD bersama TNI dan Polri akan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat di setiap Kecamatan dengan ujung tombak Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Selain itu, rapat koordinasi ini menyepakati untuk menetapkan Siaga Darurat Karhutla selama 60 hari terhitung dari tanggal 5 Agustus sampai dengan 2 Oktober 2019. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Jaga Hanpangan, Babinsa Bantu Warga Menjemur Padi.

Artikel

Menanam Hijau untuk Masa Depan, Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Melaksanakan Kegiatan Penanaman Serentak

BERITA

Babinsa bersama Satgas Lakukan Pemantauan dan Pengecekan Penumpang Kapal

BERITA

Babinsa bantu petani lakukan penanaman bibit padi

BERITA

Dukung Kemajuan Desa Binaan, Serka M. Olis Ikuti Musrenbang Desa.

Berita Koramil

Danramil 04/Nipah Panjang Hadiri Acara Hari Ulang Tahun ke-49 Desa Sungai Cemara.

Berita Koramil

Antisipasi Covid – 19, Danramil bersama Kapolsek dan Camat Nipah Panjang Bubarkan Acara Hajatan Warga.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/M. Sabak Dampingi Poktan Lakukan Penyemprotan Tanaman Padi.