Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024 Babinsa Sigap Membantu dalam Penanganan Kebakaran di Kota Tungkal Ilir Danramil 419-03/Tungkal Ilir Turut Andil Dalam Pengamanan Arus Pulang Mudik 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Nipah Panjang

Senin, 9 September 2019 - 07:48 WIB

Babinsa Ramil 04/NP Terus Lakukan Pendampingan Terhadap Petani Jagung.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Upaya untuk menjaga keberhasilan program swasembada pangan, termasuk swasembada pangan jagung terus dilakukan anggota Kodim 0419/Tanjab. Mengingat sebelumnya Kodim 0419/Tanjab telah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanjab Timur untuk mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan.

Bukan hanya padi dan kedelai saja, namun jagung juga sangat berpotensi meningkat khususnya di Kabupaten Tanjab Timur.

Salah satunya tanaman jagung milik bapak Umar Dani salah satu warga binaannya yang ada di Desa Telago Limo Kecamatan Berbak yang sedang dicek oleh Babinsa Koramil 419-04/Nipah Panjang Serda Sutoyo.

BACA JUGA  Serma Harahap Ajak Warga Untuk Tetap Jaga Kekompakan

Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa ini berupa pengecekan tanaman jagung yang sudah berumur 70 hari dengan luasan lahan ± 3 hektar, di areal perkebunan kelompok tani Usaha Bersama, Senin (09/09/19).

Sesuai instruksi dari Komandan Kodim 0419/Tanjab melalui Pasiter Kapten Inf Sartono yang memerintahkan kepada seluruh jajaran Koramil, dalam hal ini para Babinsa harus secara intensif melakukan pendampingan petani untuk memonitoring tanaman padi, jagung dan kedelai.

“Babinsa wajib turun ke sawah membantu petani dan melakukan pengecekan keadaan tanaman. Jangan lupa didata dan dilaporkan,” jelasnya.

BACA JUGA  Babinsa Ramil 03/Tungkal Ilir Saat Komsos Selelu Ingatkan Untuk Jaga Keamanan dan Ketertiban Lingkungan.

Serda Sutoyo menyampaikan bahwa pengecekan ini juga dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan hama tanaman jagung. Disisi lain, kegiatan ini juga merupakan wujud dan peran serta Babinsa dalam tugas pendampingan guna mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.

Diharapkan dengan perawatan serta pengecekan yang dilakukan secara teratur seperti halnya penyiangan, penyemprotan hama dan lain sebagainya sehingga tanaman jagung ini akan tumbuh subur.

“Dengan demikian nantinya hasil panen dapat sesuai dengan yang diharapkan oleh petani khususnya bapak Umar Dani,” pungkas Serda Sutoyo. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Hanpangan, Babinsa Dan Petani Lakukan Pengecekan Tanaman Jagung.

Berita Koramil

Babinsa Jajaran Kodim Tanjab Kembali Beraksi Memadamkan Kebakaran Lahan.

BERITA

TNI – Polri Bersama Masyarakat Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan

BERITA

Sertu Ismed Edukasi Warga Binaan Untuk Bersama-sama Cegah Karhutla

BERITA

Dukung Kemajuan Desa Binaan, Serka M. Olis Ikuti Musrenbang Desa.

BERITA

Babinsa Kelurahan Simpang Hadiri Panen Raya Jagung.

Berita Koramil

Babinsa Koramil 01/Muara Sabak Bantu Distribusi 182 Paket Sembako Bagi Warga Terdampak Pandemi COVID-19.

Berita Koramil

Danramil Nipah Panjang Hadiri Acara Rapat Lintas Sektoral dan Penggalangan Komitmen Akreditasi Puskesmas Desa.