Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ulu

Senin, 6 Januari 2020 - 13:52 WIB

Babinsa dan Petani Tanjung Bojo Mengolah Lahan Sawah Dengan Handtraktor.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Serka M. Olis melaksanakan pendampingan kepada petani pada pengolahan lahan sawah seluas 0,5 hektar guna percepatan musim tanam padi di Desa Tanjung Bojo Kecamatan Batang Asam, Kab. Tanjab Barat, Senin (06/01/2020).

Kegiatan membajak sawah dengan peralatan handtraktor ini di lakukan dilahan sawah milik bapak Kasriyadi agar lahan sawahnya dapat segera ditanami padi.

“Pengolahan lahan sawah dengan menggunakan handtraktor dapat membantu petani menyuburkan tanah yang akan ditanami padi, karena dengan penggunaan traktor ini dapat mempercepat proses lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan berlumpur,” ujar Serka M. Olis.

BACA JUGA  Optimalkan penggunaan Alsintan, Babinsa Koramil Nipah Panjang Serda Ambri Melaksanakan Pengecekan

“Selain itu, keuntungan yang didapat selama pembajakan ini adalah gulma yang mati akan cepat membusuk menjadi humus dan pupuk,” sambungnya.

Lebih lanjut Serka M. Olis juga menyampaikan bahwa pada proses pengolahan lahan sawah agar dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan air.

BACA JUGA  Babinsa Ramil Tungkal Ilir Bersama Tim Terpadu Lakukan Patroli Cegah Karhutla.

“Pematang atau galangan sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman,” katanya.

“Dengan pengolahan lahan secara maksimal ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman padinya sehingga dapat menghasilkan panen yang lebih baik dan berkualitas,” pungkasnya. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Pematang Rahim Hadiri Rapat Pleno Terbuka.

Berita Koramil

Sinergitas Babinsa 04/Nipah Panjang dan Bhabinkamtibmas Mensosialisasikan Tentang Pencegahan Karhutla di Kelurahan Simpang.

Berita Koramil

Babinsa Talang Babat Hadiri Undangan Penutupan Turnamen Bola Volly Kecamatan Muara Sabak Barat.

BERITA

Manfaatkan Dermaga Penyebrangan, Babinsa Sosialisasikan Protokol Kesehatan Kepada Warga

BERITA

Babinsa Lagan Ulu Bantu Warga Binaan Giling Padi

Artikel

Keberhasilan Pengamanan Drag Race: Peran Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Patut Diapresiasi

Berita Koramil

Prajurit Ramil 419-02/Tungkal Ulu Bersama Masyarakat Gelar Karbak Jum’at Bersih Seputaran Masjid Al Ulya.

BERITA

Babinsa Koramil 01/Muara Sabak Kawal Penyaluran BLT.