Kunjungan Kerja Tim Audit Itdam KOREM 042/GAPU TA.2024 Di Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Dampingi Penerimaan BLT Tahap I, 2, 3, dan 4 Tahun 2024 Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas

Home / BERITA / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Senin, 15 Maret 2021 - 20:06 WIB

Cegah Karhutla di Tengah Pandemi dengan Patroli Terpadu.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Di tengah masa pandemi covid19, TNI – Polri bersama BPBD Tanjab Barat mulai melaksanakan Patroli Pencegahan Karhutla di daerah rawan Karhutla di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjab Barat, Senin (15/3/2021).

Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir, Pelda D Purba mengungkapkan sebagaimana Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto dalam pengendalian karhutla kita lebih mengutamakan upaya pencegahan karhutla. Patroli terpadu merupakan upaya pencegahan yang telah dilaksanakan selama ini.

“Kegiatan yang kita lakukan di lapangan pada saat patroli terpadu adalah menjaga desa rawan karhutla serta beberapa desa disekitarnya sehingga tidak terjadi karhutla di wilayah tersebut,” ungkap Purba.

BACA JUGA  Peran Aktif Babinsa Laksanakan Pendampingan Percepatan Penurunan Stunting

“Kegiatan tim ini meliputi monitoring kawasan, sosialisasi, pencarian informasi dan pemetaan masalah, melakukan groundcheck hotspot apabila terdeteksi muncul hotspot, pemadaman dini jangan sampai api membesar,” tambah Purba.

Dengan adanya kegiatan patroli dan posko terpadu pencegahan karhutla diharapkan upaya pencegahan karhutla di tingkat tapak yang melibatkan multistakeholder akan semakin sinergis.

“Upaya terpadu dimaksud perlu memperhatikan kearifan lokal masyarakat dan secara bertahap mencari solusi bagi pembakar hutan dan lahan yang bermotif ekonomi,” ungkap Purba.

BACA JUGA  Haornas 2019, Korem 042/Gapu Gelar Upacara.

“Dalam upaya terpadu dimaksud juga dilaksanakan kegiatan dukungan sosialisasi antisipasi penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Untuk wilayah Betara kita lakukan patroli dengan sasaran di Desa Pematang Lumut, Desa Muntialo dan Desa Pematang Buluh.

Kegiatan Patroli terpadu tetap menjaga kedisiplinan, kekompokan dan kewaspadaan serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan guna mencegah dan memutus mata rantai penularan – Covid 19, pungkasnya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Teluk Kijing Dampingi Petani Ke Sawah.

Berita Koramil

Pemuda yang Akan Menjadi Penerus Jangan Mau Terpengaruh Sama Hoax, Tegas Sertu Yaumul dalam Komsosnya

BERITA

Kuatkan Silaturahmi,Babinsa Komsos Dengan Masyarakat.

Berita Koramil

Danramil 01/Muara Sabak Hadiri Acara Malam Resepsi Kenegaraan Kab. Tanjab Timur.

BERITA

Kodim 0419/Tanjab Berbagi Sembako Bantu Warga Terdampak COVID-19.

BERITA

Dandim Tanjab Sambangi Pos Satgas Penguatan Binter SKK Migas.

BERITA

Pabung Kodim 0419/Tanjab Ikuti Apel Gelar Pasukan mitigasi bencana.

BERITA

Tak Bosan, Babinsa Himbau Masyarakat Untuk Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan.