Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024

Home / BERITA

Selasa, 17 September 2019 - 13:25 WIB

Hadiri Rapat Koordinasi Terkait Karhutla Di Tanjabtim, Danrem Himbau Warga Untuk Bantu Padamkan Api.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Selasa (17/09/19) menggelar rapat koordinasi penanganan Karhutla bertempat di Aula Kantor Bupati Tanjab Timur, Kompleks Perkantoran Bukit Menderang, Kelurahan Rano, Muara Sabak Barat.

Dalam Rakor yang dihadiri oleh Kasdam II/Sriwijaya dan Kapolda Jambi tersebut, Danrem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudi memberikan apresiasi terhadap upaya yang telah dilakukan oleh tim terpadu penanganan dan penanggulangan Karhutla di wilayah Tanjab Timur.

Terkait dengan banyaknya kebakaran yang ada, Danrem mengatakan bahwa 90 persen kebakaran terjadi di lahan lahan yang telah lama tidak dikelola, baik di lahan masyarakat maupun perusahaan.

“Kalau sudah terjadi seperti ini, berarti ada yang salah. Bukan berarti saya mencari kesalahan, namun kita perlu bersama-sama mencari solusi mengatasi hal ini,” katanya.

BACA JUGA  Tingkatkan kualitas pangan, Babinsa dan PPL dampingi petani pantau pertumbuhan tanaman padi

Lebih lanjut, Danrem juga mengatakan bahwa secara instans solusi untuk mengatasi kebakaran ini adalah kita keroyok api secara bersama-sama. Namun untuk jangka panjangnya yang harus kita lakukan adalah dengan memberikan himbauan kepada masyarakat.

“Untuk itu saya juga menghimbau kepada Camat, Kades dan Lurah yang hadir disini agar turut menghimbau warganya untuk ikut membantu petugas yang melakukan pemadaman, karena kita sangat membutuhkan warga setempat yang mengerti dan mengenal situasi lokasi kebakaran,” ungkap Danrem.

Selain itu Danrem juga meminta Dinas Kesehatan agar perlu turun ke lapangan untuk mengecek petugas pemadam di lapangan. “Petugas kita itu bukan superman, mereka juga butuh oksigen guna mendapatkan udara murni yang sehat. Jika memungkinkan, disediakan mobil ber AC yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat sejenak guna mengembalikan stamina dan kebugaran mereka,” ujarnya.

BACA JUGA  Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Rakor Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan Tanjab Timur

Diakhir sambutannya, Danrem menyarankan kepada Pemda agar ke depan terutama bagi perusahaan yang tidak memiliki kelengkapan atau syarat syarat pendukung antisipasi kebakaran lahan seperti saat ini. Jika mereka tidak melengkapi maka jangan diberikan izin.

” Mungkin ini masukan bagi Kabupaten dalam pemberian izin,” pungkasnya. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Babinsa Bersama Warga Binaan Lakukan Patroli Karhutla Dan Pengecekan Embung.

BERITA

262 Warga Binaan Sertu Tri Setiantoro Selaku Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Mendapatkan Bantuan Sosial Tunai

BERITA

Dukung Hanpangan, Babinsa Dampingi Petani Jagung.

BERITA

Pelantikan Pengurus BPD Desa Air Hitam Laut di Hadiri Babinsa Koramil 419-4/Nipah Panjang

BERITA

A Revolução Dos Games Móveis: Conheça O Aplicativo Pin U

BERITA

Aparat TNI – Polri Jaga Ketat Logistik Jelang Pilkada Serentak 2020 di Tanjab Timur.

BERITA

Sertu Ismed Bantu Petani Laksanakan Panen Padi

BERITA

Игровые Автоматы С Моментальным Выводом Денег Играть Онлай