Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Senin, 27 Januari 2020 - 14:01 WIB

Serda Mujais Bersama Petani Membersihkan Gulma dan Rumput Pengganggu Tanaman Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 01/Muara Sabak Kodim 0419/Tanjab Serda Mujais Afarius melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian dengan melakukan pemantauan tanaman padi kelompok tani Babat Makmur di Kelurahan Talang Babat, Kec. Muara Sabak Barat, Kab. Tanjab Timur, Senin (27/01/2020).

Serda Mujais mengungkapkan bahwa pemantauan terhadap tanaman padi ini merupakan salah satu upaya khusus yang dilakukan oleh Babinsa sebagai proses untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal nantinya.

BACA JUGA  Babinsa Bantu Kelompok Tani Di Desa Binaan Panen Padi

Dalam kegiatan tersebut, Serda Mujais bersama petani juga melakukan pembersihan gulma dan rumput pengganggu pada tanaman padi.

“Penyiangan gulma ini diharapkan dapat mengurangi persaingan antara gulma dengan tanaman padi dalam hal kebutuhan sinar matahari dan air,” terang Serda Mujais.

“Dengan memutus rantai hidup gulma, maka hal tersebut dapat mencegah perkembangbiakan hama dan tikus yang dapat menghambat perkembangan tanaman padi,” sambungnya.

BACA JUGA  Pererat Sinergi Kepada Masyarakat. Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Laksanakan Kegiatan Komsos

Selain pengecekan terhadap tanaman padi milik petani, ia juga menyebutkan bahwa pendampingan kepada petani sudah dilakukan sejak proses penanaman termasuk pendampingan kepada sejumlah kelompok tani.

Turunnya Babinsa kesawah yang langsung menemui para petani tersebut bukan tanpa alasan, hal ini sesuai dengan kerjasama antara TNI dan Kementan dengan menerjunkan Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD di masyarakat. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

BERITA

Jalin Silaturahmi, Babinsa Desa Betara Kanan Komsos Dengan Warga Binaan.

Berita Koramil

Jalin Komunikasi Sosial, Babinsa Pererat Kedekatan Bersama Warga Binaan.

BERITA

Babinsa Dan Satgas Lakukan Patroli Wilayah Rawan Karhutla

BERITA

Dengan Penuh Semangat, Babinsa Dampingi Petani Meninjau Tanaman Padi.

BERITA

Koramil 419-03/Tungkal Ilir Beri Pembekalan Wasbang Kepada Pelajar SMKN 2 Tanjab Barat

BERITA

Percepat Vaksinasi, Koramil 419-02/Tungkal Ulu Gelar Serbuan Vaksinasi TNI.

BERITA

Babinsa Desa Gemuruh Dampingi Warga Binaan Mengecek Pertumbuhan Tanaman Padi.

BERITA

Babinsa Laksanakan Pendampingan Penyaluran BLT di Desa Binaan.