Babinsa dan Warga Temukan Korban Tenggelam di Sungai Pengabuan Kel. Pelabuhan Dagang Dandim 0419/Tanjab Dampingi Kunjungan Kerja Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Eddy Basuki di Wilayah Kodim 0419/Tanjab Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Dampingi Pelatihan Pemberian Makanan Tambahan untuk Tekan Stunting Babinsa Turut Bantu Pencarian Korban Tenggelam di Sungai Pengabuan Pendampingan Babinsa dalam Penyaluran Pupuk di Desa Rawa Medang

Home / Uncategorized

Senin, 12 Agustus 2019 - 06:45 WIB

Babinsa Ramil 04/Nipah Panjang Sosialisasi Karhutla dan Pasang Spanduk Waspada Kebakaran Rumah dan Lahan.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Memasuki musim kemarau tahun 2019 ini ditandai dengan banyaknya kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) maupun pemukiman penduduk.

Guna menyikapi hal tersebut, Danramil 419-04/Nipah Panjang Kapten Inf Adil Tarigan memerintahkan personelnya untuk lebih gencar melakukan sosialisasi pencegahan Karhutla kepada masyarakat maupun korporasi yang mempunyai lahan di wilayahnya masing masing.

Hal tersebut ditindak-lanjuti oleh Koptu M. Yusuf, Babinsa Desa Sungai Sayang, Kecamatan Sadu, Kab. Tanjab Timur yang secara langsung memberikan sosialisasi, himbauan dan edukasi tentang pencegahan Karhutla kepada warga masyarakat di desa binaannya.

BACA JUGA  Babinsa Bersama Masyarakat Lakukan Gotong Royong Pembangunan SD 61 Kelurahan Talang Babat.

Koptu M. Yusuf mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla di wilayah binaan, sangat diperlukan adanya kerjasama dari masyarakat guna menjaga lingkungan dengan cara tidak melakukan pembakaran lahan baik disengaja ataupun tidak disengaja.

Lebih rinci, Koptu M. Yusuf menuturkan bentuk kegiatan sosialisasi yang dilakukannya antara lain dengan melakukan pemasangan spanduk/banner di tempat-tempat strategis, serta memberikan himbauan secara langsung kepada warga masyarakat dalam setiap kesempatan.

“Selain spanduk/banner, saya juga sudah berkoordinasi dengan aparatur desa untuk mensosialisasikan bahaya, ancaman dan sanksi hukuman bagi siapa saja yang kedapatan dengan sengaja melakukan pembakaran lahan,” katanya.

BACA JUGA  Dandim 0419/Tanjab Hadiri Tabliqh Akbar Ustadz Abdul Somad Yang Dipadati Lautan Masyarakat.

Lebih lanjut Koptu M. Yusuf mengungkapkan bahwa sosialisasi dan himbauan ini dapat disampaikan dimana saja, seperti di Masjid dan Mushola setelah selesai shalat, di Poskamling, di warung makan ataupun dengan mendatangi pemukiman warga.

Koptu M. Yusuf menegaskan dalam setiap sosialisasinya bahwa pelaku pembakar lahan dapat di jerat dengan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang lingkungan hidup, dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda setinggi-tingginya 10 Milyar Rupiah.. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Serda Mujais Afarius Sebagai Babisna Membantu Petani Membersihkan Gulma Disela-Sela Tanaman Padi.

BERITA

Guna Percepatan Masa Tanam, Babinsa Dampingi Penanaman Padi.

Uncategorized

Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu Daampingi Petani Panen Padi.

Uncategorized

Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak Lakukan Giat Serbuan Teritorial Dengan Menjadi Inspektur Upacara.

Uncategorized

Pasipers Kodim 0419/Tanjab Ikut Coffe Morning Dalam Rangka Menciptakan Pemilu Damai.

Uncategorized

Babinsa Kota Kandis Dendang Ikut Lakukan Pengecekan Kondisi Padi.

Uncategorized

Selain Ke Kab. Tanjab Barat, Danrem 042/Gapu Juga Silaturahmi Ke Kab. Tanjab Timur.

Uncategorized

Babinsa Dampingi Petugas Dinkes Tanjab Timur Lakukan Kegiatan Fogging.