Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan Seleksi Paskibraka Kabupaten Tanjab Timur Tahun 2024

Home / Berita Koramil / Koramil Tungkal Ilir

Jumat, 8 Februari 2019 - 06:18 WIB

Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Terjun Langsung Kesawah Bantu Petani Tanam Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Kodim 0419/Tanjab Sersan Mayor Hamdan Rasidi terjun langsung kesawah membantu petani menanam padi dilahan seluas ± 1 hektare milik bapak Samuji di areal persawahan kelompok tani Muji Rahayu Kelurahan Teluk Nilau, Kecamatan Pengabuan, Kab. Tanjung Jabung Barat. Jum’at (8/2/2019).

 

Kegiatan tersebut merupakan suatu kepedulian TNI AD khususnya Koramil 419-03/Tungkal Ilir, Kodim 0419/Tanjab membantu Pemerintah Daerah dalam menyukseskan swasembada pangan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sekaligus melaksanakan instruksi Komandan Kodim 0419/Tanjab yang memerintahkan para Babinsa untuk mendampingi dan membantu petani.

BACA JUGA  Sertu Daniel Sebagai Bintara Pembina Desa Sungai Terap Jalin Komunikasi Dengan Warga Binaan.

 

Menurut Serma Hamdan Rasidi, jenis padi yang ditanam adalah bibit padi Inpara 3 dengan sistem jajar legowo sesuai dengan kontur tanah dan lahan persawahan agar mendapatkan hasil panen yang melimpah.

 

“Selain menanam padi, saya juga membantu mendampingi petani dalam menyiapkan dan mengolah lahan. Dengan turunnya Babinsa membantu petani, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada petani sehingga program ketahanan pangan di Kabupaten Tanjab Barat dapat terwujud,” ujar Serma Hamdan.

 

Ditempat terpisah, Danramil 419-03/Tungkal Ilir Kapten Inf Rohandi dalam setiap pengarahannya menyampaikan bahwa sebagai komando kewilayahan, akan selalu mendorong dan mendukung program pemerintah yang mencanangkan program ketahanan pangan nasional dengan menerjunkan aparat teritorialnya, khususnya para Babinsa untuk selalu mendampingi petani dalam rangka meningkatkan hasil panen.

BACA JUGA  Danramil 419-01/Muara Sabak Ikuti Kegiatan Bakti Religi Yang Digelar Oleh Polres Tanjab Timur.

 

Menurutnya, kedepan diharapkan ketahanan pangan di Indonesia dapat terwujud sehingga di masa yang akan datang Indonesia dapat menjadi negara swasembada pangan yang mumpuni serta tidak perlu lagi mengimpor beras.

 

“Dengan ketahanan pangan yang kuat maka ketahanan nasional secara otomatis akan semakin kuat dan situasi keamanan juga akan semakin kondusif, karena rakyatnya sejahtera,” pungkas Danramil. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Anggota Koramil 01/Muara Sabak Membersihkan Pangkalan Kantor Koramil.

Berita Koramil

Babinsa Mekar Jaya Pantau Rapat Pleno Terbuka Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019.

BERITA

Kuatkan sinergitas, Babinsa komsos dengan perangkat desa

Berita Koramil

Wujudkan Percepatan Luas Tambah Tanam Koramil 04/Nipah Panjang Operasionalkan Brigade Alsintan.

Artikel

Zoom Meeting & Pelantikan Public Speaking: Penerangan TNI AD Menyuarakan Integritas dan Netralitas

Berita Koramil

Babinsa Hadiri Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H/2019 M di SMP Satu Atap 3 Tungkal Ulu.

Berita Koramil

Danramil 419-01/Muara Sabak Ikuti Rangkaian Kegiatan Festival Sumbun Tahun 2019 .

Artikel

Cegah gizi buruk pada anak, Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu serta Kapten Inf Boimin laksanakan “Dapur Masuk Sekolah” di SDN 199/V Purwodadi.