Pabungdim 0419/Tanjab Hadiri Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-116 di Kabupaten Tanjab Timur Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Bantuan Desa di Pematang Buluh Dandim 0419/Tanjab Hadiri Focus Group Discussion Triwulan II 2024 Dan Peresmian Mushola Al-Ikhlas Sosialisasi Survey Seismik 3D dan 2D: Langkah Proaktif Desa Lagan Ulu dalam Pengembangan Energi Babinsa Desa Adi Purwa Bantu Anak Rawan Stunting dengan Program Susu Bantuan

Home / Berita Koramil / Koramil Sabak

Selasa, 18 Juni 2019 - 04:40 WIB

Poktan Mekar Sari Dibantu Babinsa Parit Culum II Panen Padi.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Peran Koramil khususnya Babinsa untuk ikut mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan benar benar direalisasikan. Selain memberikan penyuluhan, Babinsa juga turut mendampingi petani melaksanakan panen padi.

Seperti yang dilakukan oleh Serda Ade Putra, Babinsa Koramil 419-01/Muara Sabak yang membantu anggota Kelompok Tani Mekar Sari, Bapak Sapto memanen tanaman padi miliknya di Kelurahan Parit Culum II, Kec. Sabak Barat, Kab. Tanjab Timur, Selasa (18/06/19).

Serda Ade Putra menjelaskan, bahwa 50 hektar luas lahan milik Kelompok Tani Mekar Sari sudah dipanen secara bergilir, dalam panen padi kali ini menghasilkan 4,5 ton perhektarnya.

BACA JUGA  Kodim 0419/Tanjab dan Jajarannya Terus Melakukan Tindakan Pencegahan Karhutla.

Dengan selesainya panen padi di lahan sawah Bapak Sapto ini bukan berarti selesai juga tugas Babinsa melakukan pendampingan pertanian terhadap para petani,” ujar Serda Ade Putra.

Kepada bapak Sapto yang merupakan petani pemilik lahan, Serda Ade Putra berharap agar segera untuk menyiapkan lahan sawah mereka untuk musim tanam berikutnya.

“Pendampingan akan terus dilanjutkan dengan upaya khusus dalam mengolah lahan pasca panen untuk menghadapi musim tanam berikutnya,” jelas Serda Ade Putra.

BACA JUGA  Bersama Cegah Karhutla, Babinsa Lakukan Patroli.

Danramil 419-01/Muara Sabak Kapten Inf Soeharwo mengatakan, sebagai aparat teritorial tugas seorang Babinsa adalah mengajak para petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam padi karena kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan.

“Babinsa tidak boleh kendor untuk membantu dan memotivasi para petani di desa binaannya,” pungkas Danramil. (Pendimtjb).

Share :

Baca Juga

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01/Muara Sabak Pelda Lianri Lubis Hadiri Pembukaan STQ Ke-13 Tingkat Desa Pematang Rahim.

BERITA

Babinsa Desa Sungai Itik Bersama Bhabinkamtibmas Lakukan Patroli karhutla.

BERITA

Pengecekan Tanaman Padi yang Berada di Lahan Sawah yang dilakukan Oleh Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir

BERITA

Penyaluran BLT-DD Tahap II di Desa Dusun Mudo Kec. Muara Papalik didampingi Babinsa Koramil 419-02/Tungkal Ulu

Artikel

Sukseskan Panen Petani, Babinsa Koramil 419-03/Tungkal Ilir Bantu Petani Merawat Padi.

Berita Koramil

Babinsa Ramil 01 Laksanakan Pemantauan Giat Masyarakat yang Tergabung dalam Kelompok Tani SPI

Berita Koramil

Petani Ditemani Babinsa Ramil 02/TU Monitoring Benih Padi Sawah.

BERITA

Upaya Ketahanan Pangan, Babinsa Dampingi Petani Di Wilayah Binaan.