Home / BERITA

Selasa, 10 Maret 2020 - 13:49 WIB

Pabung Mayor Inf Marlianus Berikan Sosialisasi Cegah Karhutla.

Kuala Tungkal, kodimtanjab.com – Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kab. Tanjab Timur kepada Masyarakat Kecamatan Mendahara Ulu di hadiri Pabungdim 0419/Tanjab Mayor Inf Marlianus Pasae serta sekaligus memberikan Materi Pencegahan Karhutla di Aula Kantor Camat Mendahara Ulu Kab. Tanjab Timur. Selasa (10/03/20)

Nampak hadir Dinas Lingkungan Hidup Ibu Erlita, Camat Mendahara Ulu Sarjuna, Kapolsek Mendahara Ulu Iptu Pol O.Sitompul, Kejaksaan Negri Muara Sabak Ari Candra Pratama SH.MH, BPBD Tanjab Timur Candra Afrizal SE, Babinsa Se-Kec. Mendahara Ulu, BKTM Se-Kec. Mendahara Ulu, Kepala Desa Se-Kec. Mendahara Ulu, Manggala Agni, Tokoh Masyrakat, Tokoh Agama, Dinas Instansi serta Perwakilan Perusahaan Se-Kec. Mendahara Ulu.

Pabungdim 0419/Tanajb mengatakan kepada peserta sosialisasi pentingnya komitmen kita bersama untuk melakukan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan dibandingkan dengan penanggulangan karena terjadinya kebakaran Sebagian besar unsur kesengajaan,paktor alam sangat kecil, jangan ada anggapan masyarakat tugas pemadaman adalah tugas aparat,dari KODIM sudah diperintahkan para Babinsa  untuk memantau di desa desa.disamping itu perlunya penegakan hukum oleh aparat penegak hukum. Ujar Mayor Marlianus.

BACA JUGA  Melalui Gebrak Masker di Tanjab Timur Ketua Persit KCK Cab XXVI Dim 0419/Tanjab Koorcab Rem 042 PD II/Swj Dukung Pemerintah Cegah Covid-19

TNI – Polri akan mendorong Pemda Tanjab Timur, Instansi terkait, Pengusaha Perkebunan dan Usaha Migas untuk mendukung sarana prasarana dari segi alat mesin pemadam Karhutla serta menindaklanjuti kembali oleh pemerintah desa dan masyarakat kepada pihak program Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk membangun Sumur Bor dan Sekat Kanal di areal lahan Gambut yang rawan kering air dan sulit terjangkau apabila terjadi Karhutla.

BACA JUGA  Agar Capaian Hasil Panen Maksimal, Sertu Ade Putra Melaksanakan Pendampingan Pemupukan Padi di Desa Binaannya

Polri khususnya Polres Tanjab Timur perlu melakukan Edukasi dalam upaya penegakan Hukum Karhutla yakni perlu kita mahami bersama Undang – undang Karhutla UU RI Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan Pasal 78 ayat (3) Ancaman Penjara 15 Tahun dan Denda 15 Miliyar dan UU RI Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan Pasal 108, setiap pelaku usaha perkebunan, yang membuka dan /atau mengolah lahan dengan cara membakar sebagaimana dimaksud pasal 56 ayat (1) Pidana 10 Tahun dan Denda 10 Miliyar, pungkas Kapolsek Mendahara Ulu.

Pabung juga menghimbau “Mari kita wujudkan Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung TANPA KABUT ASAP”. (Pendimtjb)

Share :

Baca Juga

BERITA

Serma Ferry Manurung Sebagai Babinsa 419-04/Nipah Panjang Melakukan Pendampingan Pendistribusian BST Kec. Nipah Panjang

BERITA

Bantu Penanganan Karhutla Di Jambi, 2 Helikopter Digeser Dari Palembang.

BERITA

Dandim 0419/Tanjab Hadiri Peresmian Gedung Baru Polres Tanjab Barat.

BERITA

Babinsa Koramil 419-1 Muara Sabak Wialayah Bukit Tempurung Bantu Evakuasi Korban Gantung Diri

BERITA

Kasdim Tanjab Pimpin Apel Pemberangkatan 1 SST Anggota Kodim 0419/Tanjab BKO Polda Jambi.

BERITA

Ditengah Tugas Kemanusiaan, Yonif Raider-600/Mdg Tangkap Pengedar Narkoba di Kota Palu.

BERITA

Batiopsbungdim Tanjab Sambut Kunjungan Kapolda Jambi Ke Kantor KPUD Tanjab Timur.

BERITA

Sebanyak 20 Orang Mendapatkan BLT-DD Tahap II Di Desa Sungai Penuh Wilayah Koramil 419-04/Nipah Panjang